Ini Toyota Calya Pertama yang Dimodifikasi

By Admin


nusakini.com - Toyota baru saja mengeluarkan salah satu produk terbaiknya yakni Toyota Calya. Mobil dari segmen MPV LCGC ini langsung mendapat sambutan yang hangat dari konsumen Indonesia. bahkan tak butuh sebulan atau masa garansinya habis, Toyota Calya berwarna merah menyala ini langsung menjalani proses modifikasi ringan. Meski baru sebagian kecil dan belum menyentuh bagian bodinya, namun tampilannya langsung berubah lebih kokoh.

Padahal dari sisi fitur yang dimiliki Calya tipe G otomatis yang dipinangnya itu sudah cukup mumpuni. Namun ada saja hal yang membuatnya merasa tak betah, untuk membiarkannya dalam keadaan standar. 

"Setelah merasakan handling kemudinya terasa sangat ringan, saya langsung berpikir untuk menggunakan ban dan velg berukuran lebih besar. Kali ini saya putuskan untuk menggunakan velgyang sudah berukuran 16 inci, tinggal ganti dop Toyota saja. Hasilnya, handling lebih enak dan sudah terasa," ujar Habibie seperti diliris dalam laman resmi Toyota.  

Jika ingin memodifikasi velg mobil , sangat disarankan anda harus mengganti ukuran velgnya dengan ukuran yang terbaik. Terbaik di sini dalam artian, ukuran pelek tersebut memberi kombinasi paling pas dalam hal keamanan, kenyamanan, performa serta konsumsi BBM. 

Sedangkan aman atau tidaknya mengganti velg berukuran besar tergantung pada pemilihan merek, lebar, serta offset velg. Pilihlah yang tidak keluar dari bodi dan merupakan produk berkualitas yang lebih kuat. Sementara untuk ban, pilihlah yang lebarnya tak terlalu jauh dari ukuran asli. Jangan lupa lakukan spooring dan balancing lagi setelah melakukan penggantian velg.

Usai mendandani mobilnya dari sisi tampilan luar, Ia juga tak lupa dengan sistem pemanja telinga dan fitur in car entertainment. Pria yang berasal dari Cengkareng, Jakarta Barat itu pun menebus head unit merek Orca dipadu dengan subwoofer 12 inci, speaker split dan speaker belakang. Uniknya, Ia memadukan unsur safety seperti penggunaan kamera mundur yang terkoneksi dengan head unit. 

Di bagian kabin, memang belum nampak perubahan yang besar. Ia baru sebatas mengaplikasi lampu kolong yang bisa menyala saat pintu terbuka. Kemudian pemasangan GPS tracker milik SuperSpring agar aman dari tangan-tangan jahil maling. 

"Masih banyak bagian yang akan didandani, seperti pemasangan karpet dasar dan pembalut jok dari kulit dan beberapa lagi yang lainnya. Sementara untuk obat performa, rencananya mau pasang exhaust system yang lebih oke. Penggantian di sektor ini akan mulai dari header hingga ke belakang. Tapi memang untuk saat ini, masih agak sulit cari komponen-komponen itu, namanya juga mobil baru launching dan baru turun dari dealer!" pungkasnya. (p/mk) 

Spesifikasi modifikasi: 

- Ban Bridgestone 185/55/R16

- Head unit: Orca double din support kamera mundur

- Speaker split dan tengah Pioneer

- Subwoofer: Liberty 12 inci

- Power: 4Channel

- Lampu LED kolong di kabin

- GPS Tracker SuperSpring